Path: Top > IndonesiaDLN > Muhammadiyah > JIPTUMMPP > S1_Final_Project > Dept._of_Accounting > 2004 > Part_1

EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN BANK SYARIAH DI DALAM PENYALURAN KREDIT KEPADA MASYARAKAT
(Studi Kasus pada PT Bank BNI Syariah Cabang Malang)

Undergraduate Theses from JIPTUMMPP / 2004-07-29 16:31:11
Oleh : Anita Rosalina (00.620.296 )
Dibuat : 2004-07-29, dengan 2 file

Keyword : pengendalian intern
Url : http://

Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT Bank BNI Syariah Cabang Malang dengan judul “Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Bank Syariah di dalam Penyaluran Kredit kepada Masyarakat”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas penerapan Sistem Pengendalian Intern terhadap penyaluran kredit kepada masyarakat pada PT Bank BNI Syariah Cabang Malang.
Metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Sistem Pengendalian Intern PT Bank BNI Syariah Cabang Malang dalam penyaluran kredit kepada masyarakat adalah bersifat kualitatif, yaitu dengan membandingkan antara teori dan praktek berdasarkan kondisi obyek yang diteliti. Sistem Pengendalian Intern PT Bank BNI Syariah Cabang Malang dalam penyaluran kredit kepada masyarakat dapat dikatakan efektif apabila mengandung keempat unsur pengendalian intern, yaitu: (1) Struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab fungsional secara tegas, (2) Sistem wewenang dan prosedur pencatatan yang memberikan perlindungan yang cukup terhadap kekayaan, utang, pendapatan dan biaya, (3) Pelaksanaan kerja yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap unit organisasi, dan (4) Karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya.
Dari hasil evaluasi dengan membandingkan antara teori dan praktek yang terjadi pada PT Bank BNI Syariah Cabang Malang, dapat diketahui bahwa dalam penyaluran kreditnya kepada masyarakat ternyata masih terjadi adanya perangkapan jabatan pada Unit Marketing Bisnis Syariah, sehingga hal tersebut menyebabkan terjadinya praktek yang tidak sehat. Perangkapan jabatan pada Unit Marketing Bisnis Syariah disebabkan karena tidak adanya Unit Kredit yang secara khusus menangani pengelolaan penyaluran kredit kepada masyarakat.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PT Bank BNI Syariah Cabang Malang sebaiknya memiliki Unit Kredit secara khusus yang menangani pengelolaan penyaluran kreditnya kepada masyarakat.

Deskripsi Alternatif :

Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT Bank BNI Syariah Cabang Malang dengan judul “Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Bank Syariah di dalam Penyaluran Kredit kepada Masyarakat”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas penerapan Sistem Pengendalian Intern terhadap penyaluran kredit kepada masyarakat pada PT Bank BNI Syariah Cabang Malang.
Metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Sistem Pengendalian Intern PT Bank BNI Syariah Cabang Malang dalam penyaluran kredit kepada masyarakat adalah bersifat kualitatif, yaitu dengan membandingkan antara teori dan praktek berdasarkan kondisi obyek yang diteliti. Sistem Pengendalian Intern PT Bank BNI Syariah Cabang Malang dalam penyaluran kredit kepada masyarakat dapat dikatakan efektif apabila mengandung keempat unsur pengendalian intern, yaitu: (1) Struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab fungsional secara tegas, (2) Sistem wewenang dan prosedur pencatatan yang memberikan perlindungan yang cukup terhadap kekayaan, utang, pendapatan dan biaya, (3) Pelaksanaan kerja yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap unit organisasi, dan (4) Karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya.
Dari hasil evaluasi dengan membandingkan antara teori dan praktek yang terjadi pada PT Bank BNI Syariah Cabang Malang, dapat diketahui bahwa dalam penyaluran kreditnya kepada masyarakat ternyata masih terjadi adanya perangkapan jabatan pada Unit Marketing Bisnis Syariah, sehingga hal tersebut menyebabkan terjadinya praktek yang tidak sehat. Perangkapan jabatan pada Unit Marketing Bisnis Syariah disebabkan karena tidak adanya Unit Kredit yang secara khusus menangani pengelolaan penyaluran kredit kepada masyarakat.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PT Bank BNI Syariah Cabang Malang sebaiknya memiliki Unit Kredit secara khusus yang menangani pengelolaan penyaluran kreditnya kepada masyarakat.


Beri Komentar ?#(11) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPTUMMPP
Organisasi
Nama KontakMuhammad Nasar
AlamatJl. Raya Tlogomas 246
KotaMalang
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon+62-341-464318 ext 151
Fax+62-341-463345
E-mail Administratornasar@umm.ac.id
E-mail CKOinfopus@umm.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Editor: infopus@jiptummpp