Path: Top > S1_Final_Project > S1_Keperawatan > 2007

PERBEDAAN KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK PRASEKOLAH ANTARA YANG DIASUH OLAH IBU BEKERJA DAN IBU TIDAK BEKERJA DI TK TARBIYATUL ATFAL SINGOROJO KENDAL

Undergraduate Theses from JTPTUNIMUS / 2010-06-18 13:28:08
Oleh : CHANDRA HADI PRASETIYA G2A003014, Universitas Muhammadiyah Semarang
Dibuat : 2007-12-27, dengan 4 file

Keyword : Prasekolah, Sosialisasi, Ibu bekerja, Ibu tidak bekerja
Url : http://digilib.unimus.ac.id

ABSTRAK br /br /
Kemampuan sosialisasi anak prasekolah (TK) adalah kemampuan untuk berinteraksi sosial anak usia tiga sampai enam tahun dengan orang lain, temam sebaya, dan lingkungan untuk mengenal dan menghayati kebudayaan. Jika ibu memiliki anak usia prasekolah, maka ibu harus tau bagai mana mengatur waktu dengan bijaksana, karena usia prasekolah merupakan awal pembentukan kepribadian anak terutama jemampuan sosialisasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan sosialisasi anak prasekolah antara yang diasuh oleh ibu bekerja dan ibu tidak bekerja di TK Tarbiyatul Atfal Singorojo Kendal Tahun 2007. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini merupakan metode komparatif dengan populasi penelitian adalah siswa-siswi TK Tarbiyatul Atfal Singorojo Kendal dengan pendekatan Cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Tekhnik analisa data yang dipakai adalah Independent t-test. Banyaknya sample adalah 35 siswa yang terdiri dari 20 anak dari ibu bekerja dan 15 anak dari ibu tidak bekerja. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan kemampuan sosialisasi anak prasekolah antara yang diasuh oleh ibu bekerja dan ibu tidak bekerja di TK Tarbiyatul Atfal Singorojo Kendal 2007, dengan nilai signifikasi 0,000(0,05). Kesimpulan : Ada Perbedaan yang signifikan kemampuan sosialisasi anak prasekolah antara yang diasuh oleh ibu bekerja dan ibu tidak bekerja di TK Tarbiyatul Atfal Singorojo Kendal 2007, hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis uji t statistic (t-test) dengan t hit = 6,344 t table= 2,0345, p= 0,000 0,05 Saran : dari hasil penelitian tersebut peniliyi dapat mengajukan saran antara ibu bekerja dan ibu tidak bekerja harus tetap menjaga dan mementingkan kualitas hubungan yang baik bersama anak daripada kuantitasnya. Adanya hubungan yang baik dengan semua pihak sehingga akan tercipta hubungan yang baik dengan orang lain dalam bersosialisasi dan menciptakan linkungan yang kondusif dalam lingkungan keluarga sehingga dapat mengupayakan pembentukan perilaku anak dalam bersosialisasi akan berjalan dengan baik. br /

Deskripsi Alternatif :

ABSTRAK br /br /
Kemampuan sosialisasi anak prasekolah (TK) adalah kemampuan untuk berinteraksi sosial anak usia tiga sampai enam tahun dengan orang lain, temam sebaya, dan lingkungan untuk mengenal dan menghayati kebudayaan. Jika ibu memiliki anak usia prasekolah, maka ibu harus tau bagai mana mengatur waktu dengan bijaksana, karena usia prasekolah merupakan awal pembentukan kepribadian anak terutama jemampuan sosialisasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan sosialisasi anak prasekolah antara yang diasuh oleh ibu bekerja dan ibu tidak bekerja di TK Tarbiyatul Atfal Singorojo Kendal Tahun 2007. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini merupakan metode komparatif dengan populasi penelitian adalah siswa-siswi TK Tarbiyatul Atfal Singorojo Kendal dengan pendekatan Cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Tekhnik analisa data yang dipakai adalah Independent t-test. Banyaknya sample adalah 35 siswa yang terdiri dari 20 anak dari ibu bekerja dan 15 anak dari ibu tidak bekerja. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan kemampuan sosialisasi anak prasekolah antara yang diasuh oleh ibu bekerja dan ibu tidak bekerja di TK Tarbiyatul Atfal Singorojo Kendal 2007, dengan nilai signifikasi 0,000(0,05). Kesimpulan : Ada Perbedaan yang signifikan kemampuan sosialisasi anak prasekolah antara yang diasuh oleh ibu bekerja dan ibu tidak bekerja di TK Tarbiyatul Atfal Singorojo Kendal 2007, hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis uji t statistic (t-test) dengan t hit = 6,344 t table= 2,0345, p= 0,000 0,05 Saran : dari hasil penelitian tersebut peniliyi dapat mengajukan saran antara ibu bekerja dan ibu tidak bekerja harus tetap menjaga dan mementingkan kualitas hubungan yang baik bersama anak daripada kuantitasnya. Adanya hubungan yang baik dengan semua pihak sehingga akan tercipta hubungan yang baik dengan orang lain dalam bersosialisasi dan menciptakan linkungan yang kondusif dalam lingkungan keluarga sehingga dapat mengupayakan pembentukan perilaku anak dalam bersosialisasi akan berjalan dengan baik. br /

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJTPTUNIMUS
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Semarang
Nama KontakDevi Pangastuti
AlamatJl.Kedung Mundu 18
KotaSemarang
DaerahJawa Tengah
Negaraindonesia
Telepon+62-24-76740296
Fax024-76740291
E-mail Administratortik@unimus.ac.id
E-mail CKOinfopus@unimus.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Tri Hartiti, SKM.M.Kes br /br /
    M. Fatkul Mubin, S.Kp, Editor:

Download...