Path: Top > S1_Final_Project > S1_Manajemen > 2007
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA PENGIRIMAN SURAT KILAT KHUSUS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT POS INDONESIA (PERSERO) WILAYAH USAHA POS VI JATENG DAN DIY
Oleh : RINAWATI , E2A003012, Universitas Muhammadiyah Semarang
Dibuat : 2008-02-05, dengan 4 file
Keyword : KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN KONSUMEN
Url : http://digilib.unimus.ac.id
Abstrak br /br /
Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap konsumen terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman Surat Kilat Khusus Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia (Persero) Wilayah Usaha Pos VI Jateng DIY. Kepuasan konsumen akan tercapai apabila kualitas produk dan jasa yang diberikan sesuai dengan apa yang diinginkan. Kualitas pelayanan jasa yang baik sangat penting dalam menciptakan kepuasan konsumen namun untuk memahaminya tidaklah mudah Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1). Adakah pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan konsumen ? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh kualitas pelayanan jasa pengiriman surat kilat khusus pada PT Pos Indonesia (Persero) Wilayah Usaha Pos VI Jateng DIY. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna jasa surat kilat khusus pada PT Pos Indonesia (Persero) Wilayah Usaha Pos VI Jateng DIY dengan jumlah 90 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang dipilih secara khusus. Sampel yang diperoleh dengan menggunakan rumus sebesar 50 responden dengan variabel 1). Kulaitas Pelayanan Jasa (x), Kepuasan Konsumen (y). Alat yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan daftar pertanyaan (kuesioner). Dari analisis data diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 2,965 + 0,310 X1. Persamaan regresi tersebut dapat diinterpretasika sebagai berikut : 1) Konstanta sebesar 2.965 menyatakan bahwa jika kualitas pelayanan jasa bernilai nol maka kepuasan pelanggan akan sebesar 2.965 . 2) Koefisien regresi X1 sebesar 0,310 dan signifikan pada 0,05. Menyatakan bahwa jika variabel kualitas pelayanan bertambah 1 maka kepuasan akan bertambah sebesar 0,310. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan software SPSS diperoleh hasil koefisien determinasi Adjusted R Square sebesar 0,179. Nilai koefisien determinasi Adjusted R Square sebesar 0,179 berarti variabel kualitas pelayanan memberikan kontribusi terhadap kepuasan pelanggan (y) sebesar 17,9 % sedangkan sisanya sebesar 82,1 % diperoleh dari variabel lain diluar penelitian atau diluar model persamaan regresi. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan jasa pada PT Pos Indonesia (Persero) Wilayah Usaha Pos VI Jateng DIY sangat penting mempengaruhi kepuasan konsumen. br /
Abstrak br /br /
Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap konsumen terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman Surat Kilat Khusus Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia (Persero) Wilayah Usaha Pos VI Jateng DIY. Kepuasan konsumen akan tercapai apabila kualitas produk dan jasa yang diberikan sesuai dengan apa yang diinginkan. Kualitas pelayanan jasa yang baik sangat penting dalam menciptakan kepuasan konsumen namun untuk memahaminya tidaklah mudah Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1). Adakah pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan konsumen ? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh kualitas pelayanan jasa pengiriman surat kilat khusus pada PT Pos Indonesia (Persero) Wilayah Usaha Pos VI Jateng DIY. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna jasa surat kilat khusus pada PT Pos Indonesia (Persero) Wilayah Usaha Pos VI Jateng DIY dengan jumlah 90 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang dipilih secara khusus. Sampel yang diperoleh dengan menggunakan rumus sebesar 50 responden dengan variabel 1). Kulaitas Pelayanan Jasa (x), Kepuasan Konsumen (y). Alat yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan daftar pertanyaan (kuesioner). Dari analisis data diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 2,965 + 0,310 X1. Persamaan regresi tersebut dapat diinterpretasika sebagai berikut : 1) Konstanta sebesar 2.965 menyatakan bahwa jika kualitas pelayanan jasa bernilai nol maka kepuasan pelanggan akan sebesar 2.965 . 2) Koefisien regresi X1 sebesar 0,310 dan signifikan pada 0,05. Menyatakan bahwa jika variabel kualitas pelayanan bertambah 1 maka kepuasan akan bertambah sebesar 0,310. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan software SPSS diperoleh hasil koefisien determinasi Adjusted R Square sebesar 0,179. Nilai koefisien determinasi Adjusted R Square sebesar 0,179 berarti variabel kualitas pelayanan memberikan kontribusi terhadap kepuasan pelanggan (y) sebesar 17,9 % sedangkan sisanya sebesar 82,1 % diperoleh dari variabel lain diluar penelitian atau diluar model persamaan regresi. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan jasa pada PT Pos Indonesia (Persero) Wilayah Usaha Pos VI Jateng DIY sangat penting mempengaruhi kepuasan konsumen. br /
Beri Komentar ?#(1) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JTPTUNIMUS |
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Semarang |
Nama Kontak | Devi Pangastuti |
Alamat | Jl.Kedung Mundu 18 |
Kota | Semarang |
Daerah | Jawa Tengah |
Negara | indonesia |
Telepon | +62-24-76740296 |
Fax | 024-76740291 |
E-mail Administrator | tik@unimus.ac.id |
E-mail CKO | infopus@unimus.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Drs. Triyono br /br /
Achmadi SE. MM, Editor:
Download...
Download hanya untuk member.
File : Abstrak.pdf
(10977 bytes)
File : BAB 1.pdf
(23916 bytes)
File : BAB 2.pdf
(69174 bytes)
File : BAB 3.pdf
(46482 bytes)