Path: Top > D3_Final_Project > D3_Analis > 2010

GAMBARAN MIKROSKOPIS SEDIAAN MALARIA PADA WAKTU PENGAMBILAN SAMPEL YANG BERBEDA (Studi Populasi di Desa Pekacangan, Cacaban dan Ketosari Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo)

Undergraduate Theses from JTPTUNIMUS / 2010-08-31 14:19:30
Oleh : SITI HANIAH, GOC007040, Universitas Muhammadiyah Semarang
Dibuat : 2010-08-31, dengan 3 file

Keyword : Malaria, plasmodium, sediaan darah
Url : http://digilib.unimus.ac.id

Penyakit malaria adalah penyakit menular yang banyak di derita oleh penduduk di daerah tropis dan subtropis. Vektor yang berperan dalam penularan penyakit malaria adalah nyamuk anopheles. Plasmudium yang menyebabkan penyakit malaria berasal dari spesies Plasmodium falciparum, Plasmodium vivax, Plasmodium ovale dan Plasmodium malaria. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mikroskopis Plasmodium sp pada sediaan yang diambil dengan saat demam dan tidak demam. Penelitian di desa Pekacangan, Cacaban, dan Ketosari Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo sebagai daerah endemik malaria. Pemeriksaan menggunakan darah tebal dengan melihat gambaran mikroskopik plasmodium sp yang diperiksa pada saat demam dan tidak demam.br /
Hasil pemeriksaan sediaan malaria pada saat tidak demam diperoleh hasil positif 13 orang atau 81,3 % dan 3 orang negatif atau 18,8 %. Pada saat tidak demam lebih banyak ditemukan jenis Plasmodium dengan stadium schizont dari jenis Plasmodium falciparum dan Plasmodium vivax. Dari hasil pengolahan menggunakan uji McNemer diperoleh nilai p value 0,000. Nilai p value #945; menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat hubungan antara waktu pengambilan sampel dengan hasil pemeriksaan sediaan darah. Pada saat demam didapatkan hasil positif semua sedangkan pada saat tidak demam didapatkan hasil positif 13 orang dan negatif 3 orang.

Beri Komentar ?#(5) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJTPTUNIMUS
OrganisasiUniversitas Muhammadiyah Semarang
Nama KontakDevi Pangastuti
AlamatJl.Kedung Mundu 18
KotaSemarang
DaerahJawa Tengah
Negaraindonesia
Telepon+62-24-76740296
Fax024-76740291
E-mail Administratortik@unimus.ac.id
E-mail CKOinfopus@unimus.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Budi Santoso, SKM,M.SI.Med,br /
    Didik Sumanto,SKM, Editor: perpustakaan unimus

Download...